Old Browser Detected

Sorry, our site is not supporting your browser.
Please upgrade your browser or use other modern browsers.

Hari Purbakala Ke-105

Merawat Kebinekaan,
Merawat Identitas

Di dalam dunia arkeologi Indonesia, salah satu  peristiwa yang diperingati setiap tahun adalah hari purbakala yang jatuh pada tanggal 14 Juni. Dasar penentuan tanggal 14 Juni 1913, adalah peristiwa ketika Oudheidkundige Diens (Dinas Purbakala) secara resmi didirikan oleh Pemerintah Hindia-Belanda untuk menggantikan badan sementara yang dibentuk tahun 1901 dengan nama Commissie in Nederlandsche-India voor oudheidkundig op Java en Madoera. Saat ini, fungsi pelestarian peninggalan purbakala dan fungsi penelitian arkeologi dipegang oleh Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman (Dit PCBM) dan Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslitarkenas).

Apa yang sesungguhnya kita peringati adalah peristiwa penting tentang lahirnya lembaga induk di bidang kepurbakalaan yang menjadi akar dari eksistensi lembaga yang menjalankan fungsi sama pada saat ini. Dihitung dari awal berdirinya, pada tahun 2018 ini lembaga purbakala telah berdiri selama 105 tahun.

Selengkapnya

Rundown Beberapa Acara/Kegiatan

Hari ulang tahun Purbakala, 14 Juni 2018 bertepatan dengan libur panjang nasional hari raya Idulfitri, sehingga dimulainya peringatan perlu diundurkan. Peringatan tahun 2018 merupakan rangkaian acara selama beberapa bulan yang akan diisi oleh beberapa mata acara menarik:

Lomba Desain Logo

Lomba ditawarkan kepada mahasiswa arkeologi di enam universitas. Desain yang terpilih akan dijadikan logo pelaksanaan setiap acara dalam rangka HUT Purbakala Ke-105. Pemilihan dikoordinasi oleh panitia pusat.

Selengkapnya

Penerbitan Buku

Penerbitan Buku kumpulan karangan hasil Pertemuan Ilmiah Arkeologi (PIA) 2017 yang diselenggarakan oleh IAAI di Bogor pada bulan Juli 2017. Sesuai isinya, judul buku adalah Warisan Budaya Maritim Nusantara.

Selengkapnya

Penghargaan Tokoh

Sebagai asosiasi profesi yang telah berusia 42 tahun, IAAI memandang perlu untuk memberikan penghargaan kepada anggotanya sebagai bentuk apresiasi terhadap jasa dan dedikasinya selama bekerja di dunia arkeologi.

Selengkapnya

Penghargaan komunitas

Komunitas budaya yang diberi penghargaan adalah yang memiliki dedikasi tinggi dan berjasa dalam pelestarian cagar budaya. Dari 10 wilayah Komda akan dipilih satu komunitas budaya yang dilakukan oleh panitia seleksi Komda IAAI, BPCB, dan Balar.

Selengkapnya

Orasi Ilmiah

Pidato Ilmiah yang akan disampaikan oleh Dr. Daud Tanudirdjo dengan topik yang akan disampaikan adalah Tantangan Arkeologi dan Pelestarian Cagar Budaya dalam Menghadapi Permasalahan Identitas Kebangsaan.

Selengkapnya

Pameran & Seminar

Pameran arkeologi dan/atau diskusi atau seminar arkeologi di daerah-daerah. Kegiatan ini dilakukan atas kerja sama BPCB, Komda-komda IAAI, dan Balar. Pameran dilakukan dalam kerangka waktu peringatan HUT Purbakala 2018.

Selengkapnya

Susunan acara Gebyar 105 Tahun Purbakala, Sabtu, 21 Juli 2018 selengkapnya dapat dilihat disini.

Silakan kunjungi halaman ini untuk semua berita acara atau kegiatan yang sudah dilaksanakan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di 08123237777 atau via halaman kontak.