Old Browser Detected

Sorry, our site is not supporting your browser.
Please upgrade your browser or use other modern browsers.

Penghargaan 10 Komunitas Budaya

Komunitas budaya yang diberi penghargaan adalah yang memiliki dedikasi tinggi dan berjasa dalam pelestarian cagar budaya. Dari 10 wilayah Komda akan dipilih satu komunitas budaya yang paling memenuhi kriteria. Pemilihan calon komunitas dan penentuan pemenang dilakukan oleh panitia seleksi daerah BPCB, Komda IAAI, dan Balar. Panitia seleksi pusat hanya menerima keputusan final satu komunitas budaya dari masing-masing panitia seleksi daerah. Komunitas penerima anugerah berjumlah 10. Kriteria komunitas yang diberi penghargaan adalah:

  1. Berkiprah terhadap dunia kepurbakalaan Indonesia selama satu tahun (dihitung sejak tahun 2017 ke belakang).
  2. Aktif dalam kegiatan kepurbakalaan yang melingkupi penyelenggaraan: promosi dan kampanye pelestarian cagar budaya, acara-acara kunjungan situs dan museum, seminar dan diskusi, pelatihan, dan/atau lomba-lomba.
  3. Kegiatan dibuktikan melalui laporan tahunan komunitas budaya yang bersangkutan.
  4. Berbadan hukum atau tidak berbadan hukum.
  5. Berbentuk yayasan, perkumpulan, LSM, atau komunitas lainnya.

 

10 Komunitas Penerima Penghargaan HUT ke-105 Purbakala

1. Lembaga Badik Celebes

wilayah Sulawesi – Maluku – Papua

Didirikan pada tahun 2000 dan resmi berbadan hukum pada 2 Juli 2014, Lembaga Badik Celebes merupakan sebuah laboratorium seni dan budaya Celebes, utamanya untuk menjaga dan melestarikan pusaka warisan leluhur, agar menjadi pilar utama di bumi To'dang (Sulawesi).

+ SELEBIHNYA

Kegiatan yang kerap dilakukan adalah mendata dan mengenalkan pusaka warisan yang disimpan oleh para pengurus dan anggota Lembaga Badik Celebes.

Jl. Tamalate L Tidung V Setapak X No. 117
Makassar, Sulawesi Selatan

Djadjang Andi Abbas
0813 5618 6754, 0852 9986 0001, 0812 4212 2305

2. Kader Pelestari Budaya Kabupaten Gianyar

wilayah Bali dan Nusa Tenggara Barat

Didirikan pada 10 Juli 2011, Kader Pelestari Budaya Kabupaten Gianyar mengutamakan pelestarian kebudayaan Gianyar untuk mendukung lestarinya budaya Bali.

+ SELEBIHNYA

Kiprahnya antara lain mengadakan Kemah Budaya untuk siswa SMA/SMK se kabupaten Gianyar, pendataan warisan budaya tak benda di kabupaten Gianyar, Diklat Budaya Provinsi Bali dan pelatihan observasi bawah air.

d.a.
Kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya Bali
Jalan Tampaksiring
Bedulu, Gianyar, Bali

I Komang Nitya Nanda
0822 3665 2276

3. Forum Peduli Karst Kutai Timur (FPKKT)

wilayah Kalimantan

FPKKT berdiri sejak 3 Februari 2016 dengan visi Terwujudnya Masyarakat Sejahtera Menuju Karst Kutai Timur yang Lestari.

+ SELEBIHNYA

Beberapa aktivitas yang telah dilakukan di tahun 2016-2018 di antaranya ekspedisi dan inventarisasi goa prasejarah di Karst Sangkulirang-Mangkalihat; menolak masuknya pabrik semen di Karst Sangkulirang-Mangkalihat; dan menggerakkan aktivitas kemitraan dengan masyarakat di sekitar Karst Sangkurilang-Mangkalihat, dalam kerangka pelestarian cagar-budaya.

Jl. Margo Santoso no. 112, RT 41
Desa Sangatta Utara, Kutai Timur, Kalimantan Tmur
Irwan, S.I.P., M.P.

4. Perkumpulan Pelestari Sejarah Budaya Kadhiri (Pasak)

wilayah Jawa Timur

Pasak berdiri tanggal 11 November 2011 dengan visi melestarikan, mengembangkan, serta menanamkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Sejarah dan Budaya Kediri.

+ SELEBIHNYA

Kegiatannya mencakup antara lain, Pembelajaran sastra Jawa Kuno; Penelitian: sejarah desa, potensi cagar-budaya dan secara aktif terlibat dalam pelestarian, sosialisasi dan juga menerbitkan beberapa buku bertema sejarah-budaya.

Jl. Erlangga No. 1
Kota Kediri, Jawa Timur

Novi Bahrul Munib, S.Hum.
0857 3209 9488
dahanapura@gmail.com
www.bumikediri.blogspot.com
Ig: @pasak_kadhiri

5. Komunitas Malam Museum

wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta

Bergerak di bidang sejarah, permuseuman dan cagar budaya, Komunitas Malam Museum bermula dari Program Kreativitas Mahasiswa (2012) yang digagas oleh 5 orang mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya UGM.

+ SELEBIHNYA

Komunitas ini mengadakan jelajah museum di malam hari, membawa anak-anak ke museum, mengadakan nonton bersama di museum, mengadakan diskusi kesejarahan dan kelas Heritage berupa kunjungan ke berbagai museum dan cagar budaya.

Jl. Faridan M Noto no. 21, Kompleks Museum Sandi
Kota Baru, Gondokusuman, Yogyakarta 55224

Samantha Aditya Putri, S.S.
0899 500 7066
malamuseum@gmail.com

6. Yayasan Dapuran Kipahare

wilayah Jawa Barat dan Banten

Yayasan Dapuran Kipahare telah menyelenggarakan beraneka kegiatan, mulai dari penelitian, seminar dan diskusi, upacara adat, pameran, wisata sejarah, kemah budaya, penggiat bahasa Sunda, hingga penerbitan buku.

+ SELEBIHNYA

Komunitas ini juga mendirikan Museum Kipahare, mendirikan kampung adat, melakukan berbagai penelitian di bidang purbakala, sejarah dan nilai tradisional, dan menerbitkan beberapa buku tentang Sukabumi.

Jl. Garuda no. 5, RT 002, RW 001
Kelurahan Baros, Sukabumi 43161, Jawa Barat

Irman Firmansyah
0811 870 2620

7. Kelompok Pemerhati Budaya dan Museum Indonesia (KPBMI)

wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi

KPBMI didirikan pada 4 Maret 2017, di Depok, Jawa Barat. Komunitas ini dijalankan dengan visi Melalui museum melesarikan sejarah dan budaya bangsa.

+ SELEBIHNYA

Kegiatan terbanyak adalah penjelajahan ke berbagai situs serta kunjungan museum dengan mengajak partisipasi pelajar dan masyarakat. Kiprahnya antara lain Lokakarya Pemandu Museum, Sinau Aksara dan Bedah Prasasti, Bedah buku ENRU

Jalan Jalak no. 1, Kompleks Hankam
Slipi, Jakarta Barat

Dhanu Wibowo
0838 7494 8510

8. Panoramic of Lahat

wilayah Sumatera bagian Selatan

Panoramic of Lahat adalah komunitas anak muda yang peduli akan kebudayaan dan peninggalan prasejarah maupun sejarah

+ SELEBIHNYA

Komunitas ini telah beberapa kali mendapat penghargaan, seperti Rekor MURI sebagai Kolektor Data Megalitik Terbanyak se Indonesia, Tokoh Inspirasi Sumsel (2016), Penggerak Kebudayaan dan Kepariwisataan Sumsel (2016), dan Pejuang Pariwisata Mandiri (2017).

Bandar Jaya no. 32, Blok C
Lahat 31414, Sumatera Selatan

Maryoto (Mario Andramantik)
0813 6939 0963

9. Kampung Adat Belimbing

wilayah Sumatera bagian Tengah

Komunitas Kampung Adat Belimbing berdiri pada 7 Januari 2016 dan memiliki kegiatan utama yang berfokus pada pelestarian budaya Minangkabau, baik benda maupun tak-benda.

+ SELEBIHNYA

Komunitas ini sempat menjadi bagian aktif dari upaya merehabilitasi rumah gadang Simabur Tembok Dt Pono sati, rumah gadang Bendang Dt Bagindo Basa dan rumah gadang Nan Tujuah Dt Rajo Pahlawan.

Kenagarian Balimbing, Kecamatan Rambatan
Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat

Syofyan gelar Datuak Rajo Mangkuto
0813 6383 5170

10. Koalisi Masyarakat Sipil Peduli Kota Medan (KMSPKM)

wilayah Sumatera Utara dan Aceh

KMSPKM adalah komunitas yang memiliki perhatian dan kepedulian terhadap keberadaan peninggalan kepurbakalaan dan cagar budaya di wilayah Sumatera Utara.

+ SELEBIHNYA

Salah satu kiprahnya adalah menjadikan Lapangan Merdeka di kota Medan sebagai cagar budaya yang bersih dari berbagai bentuk bangunan baru.

Jl. Nusantara nomor 14
Medan 20213, Sumatera Utara

Miduk Hutabarat
0812 600 2350